Kami SDN Paringin Selatan 1 mencoba menyusun program sekolah yang dimaksud dengan harapan semua kegiatan yang dilaksanakan lebih terarah dan dapat dicapai dengan baik.
Program yang kami susun mencakup seluruh komponen di sekolah, mulai dari ketenagaan, kesiswaan, proses belajar mengajar, sarana prasarana, manajemen, keuangan, dan pengembangan diri guru dan para siswa.
semoga dengan dimuatnya program ini di blog kami dapat menambah khasanah wawasan kita khususnya para kepala sekolah.
Ini belum sempurna, tentunya dengan harapan para pembaca semua yang menyempurnakannya.
Berikut ini contoh lampiran ... .
RENCANA PROGRAM KERJA SEKOLAH DASAR NEGERI PARINGIN
SELATAN
KECAMATAN PARINGIN SELATAN KABUPATEN BALANGAN
NO
|
SASARAN
|
PROGRAM
|
JADWAL KEGIATAN
|
|||||||
2011/2012
|
2012/2013
|
2013/2014
|
2014/2015
|
|||||||
Smt I
|
Smt II
|
Smt I
|
Smt II
|
Smt I
|
Smt II
|
Smt I
|
Smt II
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
(10)
|
(11)
|
I
|
KESISWAAN
|
|||||||||
1
|
Bertambahnya siswa yang mendaftar dari tahun ke
tahun.
|
Sosialisasi tentang program-program khusus sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Terbantunya siswa yang kurang mampu secara ekonomi
minimal 8 orang setiap tahunnya
|
Pengusulan penambahan siswa penerima bantuan
melalui bea siswa miskin dan GN-OTA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Terbentuknya siswa yang berkarakter jujur
|
Menyiapkan buku catatan kegiatan harian siswa dan
kotak temuan barang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Terbentuknya siswa yang berkarakter relegius
|
Melaksanakan kegiatan pembacaan Al Qur’an tiap
pagi dan sholat berjam’ah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Terbentuknya siswa yang berkarakter disiplin
|
Memberikan reward bagi siswa yang disiplin dan
punishing kepada siswa yang tidak disiplin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Terbentuknya siswa yang berkarakter cinta
lingkungan
|
Melaksanakan kegiatan Jum’at bersih dan 6 K
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Semua siswa yang mempuyai kecerdasan tinggi dan
rendah di sekolah
|
Memaksimalkan pembinaan dan perhatian terhadap
siswa yang mempunyai kecerdasan tinggi dan rendah melalui program pengayaan
dan remedial
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Pengembangan minat dan bakat semua siswa
|
Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler minat dan
bakat siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO
|
SASARAN
|
PROGRAM
|
JADWAL KEGIATAN
|
|||||||
2011/2012
|
2012/2013
|
2013/2014
|
2014/2015
|
|||||||
Smt I
|
Smt II
|
Smt I
|
Smt II
|
Smt I
|
Smt II
|
Smt I
|
Smt II
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
(10)
|
(11)
|
II
|
KURIKULUM dan
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
|||||||||
1
|
Tersedianya Dokumen 1 KTSP
|
Pembuatan dokumen 1 KTSP bersama Dewan Guru dan
Komite Sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Adanya Kriteria Ketuntasan Minimal Mata Pelajaran
setiap jenjang kelas
|
Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal Mata
Pelajaran setiap jenjang kelas bersama guru kelas dan mata pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Tersedianya silabus untuk 6 mata pelajaran, yaitu
Pendidikan Agama Islam, PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan IPS
|
Pembuatan 6 silabus bersama-sama guru kelas dan
mata pelajaran melalui KKG
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Guru mampu membuat Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran yang berkualitas
|
Melakukan pelatihan dan pembimbingan kepada guru
dalam pembuatan RPP yang baik dan sesuai dengan silabus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Guru mampu merencanakan proses penilaian di kelas
|
Melakukan pelatihan dan pembimbingan penyusunan
rencana proses penilaian di kelas melalui KKG mini di sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Meningkatkan kemampuan guru mengajar sesuai dengan
silabus dan RPP yang telah dibuat
|
Melaksanakan pelatihan dan pembimbingan dalam
menyesuaikan isi silabus dan RPP dengan pelaksanaan KBM melalui KKG mini di
sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Guru mampu menerapkan model-model pembelajaran dan
PAIKEM
|
Mengikutsertakan guru dalam diklat model-model
pembelajaran di kabupaten/provinsi dan simulasi penerapan model-model
pembelajaran di KKG mini sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Guru mampu membuat media pembelajaran berbasis TIK
|
Melaksanakan workshop dengan mendatangkan
instruktur secara terjadwal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO
|
SASARAN
|
PROGRAM
|
JADWAL KEGIATAN
|
|||||||
2011/2012
|
2012/2013
|
2013/2014
|
2014/2015
|
|||||||
Smt I
|
Smt II
|
Smt I
|
Smt II
|
Smt I
|
Smt II
|
Smt I
|
Smt II
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
(10)
|
(11)
|
II
|
KURIKULUM DAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
|||||||||
9
|
Tersedianya materi muatan local khusus Kabupaten
Balangan
|
Bersama guru menggali informasi materi muatan
local Kabupaten Balangan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Dinas
Pariwisata, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah, serta nara sumber lainnya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Guru mampu memanfaatkan media/alat peraga yang
sudah tersedia dalam kegiatan belajar mengajar
|
Pelatihan dan pembimbingan serta simulasi cara
penggunaan media dan alat peraga melalui KKG mini sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Meningkatkan penguasaan guru dalam berbahasa
inggris
|
Mengikutsertakan guru dalam diklat/kursus bahasa
inggris yang dilaksanakan oleh lembaga bimbingan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Meningkatkan nilai rata-rata rapor siswa kelas I
s.d. V untuk setiap mapel dari minimal 6,0 menjadi 6,5
|
Mengikutsertakan guru dalam diklat penguasaan
materi pelajaran yang dilaksanakan Disdik, ataupun melalui KKG
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Nilai kelulusan dengan nilai rata-rata 7,0
|
Penambahan jam belajar setelah jam wajib untuk
mata pelajaran yang di UN/UASBN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Meraih prestasi akademik dalam lomba olimpiade
MIPA minimal 3 besar di tingkat kecamatan
|
Melaksanakan pembinaan terhadap siswa-siswi
berprestasi di sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Meraih prestasi non akademik dalam lomba Olahraga
:catur, bulutangkis, tenis meja dan seni : Baca puisi dan tari
|
Melaksanakan pembinaan terhadap siswa-siswi
berbakat di sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO
|
SASARAN
|
PROGRAM
|
JADWAL KEGIATAN
|
|||||||
2011/2012
|
2012/2013
|
2013/2014
|
2014/2015
|
|||||||
Smt I
|
Smt II
|
Smt I
|
Smt II
|
Smt I
|
Smt II
|
Smt I
|
Smt II
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
(10)
|
(11)
|
III
|
PENDIDIK DAN
TENAGA KEPENDIDIKAN
|
|||||||||
1
|
Terpenuhinya kebutuhan guru sesuai jumlah kelas
dan mata pelajaran penjasorkes
|
Mengusulkan penambahan 3 guru kepada Dinas
Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Meningkatnya kualifikasi pendidikan 2 orang guru
berijazah D-II menjadi SI
|
Merekomendasikan mengikuti kuliah SI yang sesuai
dengan tugas pokok
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Terpenuhinya tenaga kependidikan 2 orang (TU dan
Perpustakaan) yang berstatus honor daerah
|
Mengajukan usulan kepada Pemerintah Daerah melalui
Dinas Pendidikan dan kebudayaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Terpenuhinya kebutuhan penjaga sekolah definitif
yang berstatus PNS
|
Mengusulkan kepada pemerintah daerah melalui dinas
pendidikan 1 orang PSD berstatus honor daerah menjadi PNS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Meningkatnya kompetensi guru dan tenaga kependidikan dalam berbahasa inggris
|
Mengadakan workshop dengan mendatangkan instruktur
secara berkala
|
|
|
|
|
|
|
|
|
IV
|
MANAJEMEN
|
|||||||||
1
|
Terlibatnya unsur komite, masyarakat dan dinas
terkait dalam pengelolaan penyelenggaraan sekolah
|
Melaksanakan proses manajemen terbuka dalam
penyelenggaraan sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Tersedianya system yang lebih sempurna,
terlibatnya secara aktif peran komite sekolah dan guru dalam pengelolaan
pembelajaran
|
Melaksanakan proses manajemen terbuka dalam
pengelolaan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Tersedianya system yang lebih sempurna dan
berperan aktifnya komite sekolah dalam peneglolaan manajemen peserta didik
|
Melaksanakan proses manajemen terbuka dalam
pengelolaan peserta didik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO
|
SASARAN
|
PROGRAM
|
JADWAL KEGIATAN
|
|||||||
2011/2012
|
2012/2013
|
2013/2014
|
2014/2015
|
|||||||
Smt I
|
Smt II
|
Smt I
|
Smt II
|
Smt I
|
Smt II
|
Smt I
|
Smt II
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
(10)
|
(11)
|
4
|
Tersedianya system yang lebih sempurna dan
berperan aktifnya kepala sekolah, guru, dan komite sekolah dalam pengelolaan
manajemen personalia
|
Melaksanakan proses memanajemen terbuka bagi semua
komponen dalam pengelolaan personalia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Berperan aktifnya semua unsur seperti kepala
sekolah, guru, dan komite sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana
|
Melaksanakan proses manajemen terbuka dalam
pengelolaan sarana dan prasarana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Timbulnya transparansi bagi semua unsur dalam
pengadaan dan pengelolaan keuangan dengan adanya keterlibatan komite sekolah,
guru, dan masyarakat.
|
Melaksanakan proses manajemen terbuka dalam
pengelolaan keuangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
V
|
SARANA DAN
PRASARANA
|
|||||||||
1
|
Terawatnya semua fasilitas ruangan sekolah
|
Pengecatan seluruh gedung sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Terpenuhinya kebutuhan ruang belajar yang baik
|
Mengusulkan perbaikan ruang kelas (rehab
berat/ringan) kepada Dinas Pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Terpenuhinya sarana Laboraturium Bahasa
|
Mengusulkan pembangunan ruang laboraturium
bahasa kepada dinas pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Terpenuhinya sarana pelayanan kesehatan untuk
upaya peningkatan mutu pendidikan
|
Mengusulkan ruang UKS yang memenuhi standar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Terpenuhinya kenyamanan halaman sekolah untuk kegiatan-kegiatan
pendidikan di sekolah
|
Pengerasan halaman dengan paving blok
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO
|
SASARAN
|
PROGRAM
|
JADWAL KEGIATAN
|
|||||||
2011/2012
|
2012/2013
|
2013/2014
|
2014/2015
|
|||||||
Smt I
|
Smt II
|
Smt I
|
Smt II
|
Smt I
|
Smt II
|
Smt I
|
Smt II
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
(10)
|
(11)
|
1
|
Terawatnya semua fasilitas ruangan sekolah
|
Pengecatan seluruh gedung sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Terpenuhinya kebutuhan ruang belajar yang baik
|
Mengusulkan perbaikan ruang kelas (rehab
berat/ringan) kepada Dinas Pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Terpenuhinya sarana Laboraturium Bahasa
|
Mengusulkan pembangunan ruang laboraturium
bahasa kepada dinas pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Terpenuhinya sarana Laboraturium IPA
|
Mengusulkan pembangunan ruang laboraturium
IPA kepada dinas pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Terpenuhinya sarana pelayanan kesehatan untuk
upaya peningkatan mutu pendidikan
|
Mengusulkan pembangunan ruang UKS yang memenuhi
standar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Terpenuhinya kenyamanan halaman sekolah untuk
kegiatan-kegiatan pendidikan di sekolah
|
Pengerasan halaman dengan paving blok
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Terpenuhinya
sarana aula pertemuan untuk penunjang kegiatan-kegiatan pendidikan
|
Mengusulkan pembangunan ruang aula pertemuan
kepada Dinas Pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Terpenuhinya tempat dan jajanan siswa yang
memenuhi syarat kesehatan
|
Mengusulkan pembangunan kantin sekolah kepada
Dinas Pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Terpenuhinya kenyamanan, ketertiban, dan keamanan
lingkungan sekolah
|
Mengusulkan pemasangan pintu gerbang dan pagar
sekolah kepada Dinas Pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Terpenuhinya kebutuhan sarana sanitasi dan MCK
yang memenuhi syarat kesehatan
|
Mengusulkan
penambahan WC siswa kepada Dinas Pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO
|
SASARAN
|
PROGRAM
|
JADWAL KEGIATAN
|
|||||||
2011/2012
|
2012/2013
|
2013/2014
|
2014/2015
|
|||||||
Smt I
|
Smt II
|
Smt I
|
Smt II
|
Smt I
|
Smt II
|
Smt I
|
Smt II
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
(10)
|
(11)
|
11
|
Guru memiliki buku pegangan dari beberapa
percetakan
|
Pengadaan buku pegangan guru yang bervariasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Terpenuhinya rasio perbandingan jumlah siswa dan
jumlah buku paket sesuai petunjuk teknis BOS
|
Pengadaan buku paket siswa sesuai dengan
Permendiknas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Memudahkan pelaksanaan proses pembelajaran
berbasis ICT
|
Mengusulkan pengadaan 4 unit labtop dan 4 unit LCD
proyektor kepada dinas pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Memudahkan layanan sistem informasi komunikasi
|
Pengadaan jaringan internet dan blog sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Memudahkan guru melaksanakan PBM dengan tersedianya
alat peraga
|
Pengadaan media/alat Olahraga dan alat kesenian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Tersedianya meubeler kantor, laboratorium dan
perpustakaan
|
Mengusulkan pengadaan meubeler kepada Dinas
Pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
VI
|
KEUANGAN
DAN PEMBIAYAAN
|
|||||||||
1
|
Diterimanya dana BOS secara rutin setiap triwulan
|
Penyusunan RKA Sekolah setiap awal tahun
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Adanya kesadaran masyarakat khususnya
orangtua/wali murid membantu sekolah dalam kekurangan dana (anggaran sekolah)
|
Sosialisasi dengan masyarakat, orangtua/wali
murid, dan tokoh pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
VII
|
BUDAYA
DAN LINGKUNGAN
|
|||||||||
1
|
Bersihnya lingkungan sekolah untuk kenyamanan
kerja
|
Pelaksanaan jum’at bersih di lingkungan sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Terwujudnya suasana agamis di lingkungan sekolah
|
Melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan (tadarus
Al Qur’an kelas 4,5, dan 6, shalat Zuhur berjamaah)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar