Sabtu, 26 Maret 2016

Kegiatan GEMARIKAN


Paringin – Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) pada tanggal 3 Desember 2015 di  SDN Paringin Selatan 1 diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Peternakan dan Perikanan. Di peringatan Harkannas ke-2 tahun ini  memberikan pesan kepada seluruh masyarakat mengenai pentingnya mencukupi asupan protein hewani, salah satunya yaitu dari ikan. Ikan sangat bagus dikonsumsi karena mengandung banyak protein yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan, terutama bagi anak sekolah.
Menurut penuturan kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Peternakan dan Perikanan.  "Kalau kita ingin pandai, kalau kita ingin sehat, protein dari ikan adalah salah satu yang terbaik untuk kita, anak Indonesia menjadi generasi bangsa yang mampu bersaing di era globalisasi ini”. Dia pun kembali mengingatkan bahwa, melalui peringatan Harkannas ke-2 tahun ini, masyarakat diharapkan bisa lebih meningkatkan konsumsi ikan, demi masa depan anak-anak bangsa Indonesia.
Kemudian dilajutkan sambutan oleh Setda Balangan, beliau mengatakan "Mari kita semua tingkatkan makan ikan lebih banyak, lebih banyak, untuk otak kita supaya cerdas dan juga fisik kita supaya sehat”. Setelah itu beliau mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang penjelasan yang telah disampaikan kemudian memberikan hadiah kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.


Selain penjelasan tentang kegiatan Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) juga ditampilkan hiburan dari siswa-siswi SDN Paringin Selatan 1, seperti : tarian, lagu-lagu dan cerita dalam bahasa Inggris. Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut ternyata juga memberikan makna tersendiri bagi Naura salah satu siswa SDN Paringin Selatan 1, ia mengatakan  "Dengan makan ikan maka kita akan makin cerdas, karena ikan itu adalah sumber protein yang sangat dibutuhkan oleh kita," kata Naura. Setelah kegiatan tersebut selesai dilanjutkan dengan acara makan bersama dengan menu utama ikan gabus dan ikan nila serta beberapa hasil olahan ikan hasil usaha perikanan di kabupaten Balangan. Red@syaikhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar